RSUD Serambi Madinah Kota Solok Laksanakan Akreditasi Guna Tingkatkan Keselamatan Pasien

 




Kota Solok(,Indomen) - Guna meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan, RSUD Serambi Madinah Kota Solok melaksanakan akreditasi dengan membangun budaya peningkatan keselamatan pasien yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan RI bagi semua rumah sakit di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD Serambi Madinah, Dessy Syafril di ruang kerjanya, Senin (6/1), mengatakan, Akreditasi RSUD telah dilaksanakan Selasa-Rabu (17-18 bulan lalu)

Penilaian dilakukan oleh dua orang surveiyor dari Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS), yaitu Dr.dr. Bestari Jaka Budiman, Sp. THT-KL.K, F.I.C.S dan Ns. Fera Afrida, S.Kep.

Direktur RSUD Serambi Madinah, Dessy Syafril juga menyampaikan akreditasi rumah sakit merupakan pengakuan yang diberikan oleh Lembaga Pemerintah kepada manajemen rumah sakit karena telah memenuhi dan mengimplementasikan standar yang ditetapkan.

“Akreditasi rumah sakit ini merupakan syarat mutlak izin operasional sebuah rumah sakit dan merupakan persyaratan penting dalam kelangsungan kerjasama rumah sakit dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), agar warga Kota Solok bisa mendapatkan pelayanan yang prima dari RSUD Serambi Madinah Kota Solok ini,”ujarnya

Rumah sakit yang telah terakreditasi, mendapat pengakuan dari pemerintah. Semua hal yang ada di dalamnya seperti infrastruktur rumah sakit sudah sesuai dengan Kementerian Kesehatan RI, Standar Prosedur Operasional (SOP) dan pelayanan sudah sesuai standar pelayanan yang berfokus pada keselamatan pasien.

“Dalam memberikan pelayanan, rumah sakit harus memperhatikan mutu dan keselamatan pasien. Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan yang memiliki karakter aman, tepat waktu, efisien, berorientasi pada pasien, adil, dan terintegrasi,” jelasnya.

Selama akreditasi dilaksanakan, tim surveiyor sudah menelusuri dan melakukan pengecekan tiap-tiap bagian rumah sakit dengan didampingi oleh pihak RSUD Serambi Madinah. Mulai dari kelayakan alat kesehatan, kelayakan ruangan, kelayakan petugas dalam melayani pasien, dan juga kelayakan sanitasi air.jelas Dessy. (Vns)

0 Komentar