Ketua PPK SBJ, Sandi Kurniawan Cafe Demokrasi Jadi Ajang Pencerahan Pemilih Pemula

 

Solok Selatan (Indomen) - Dalam rangka menyonsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Nasional Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Sangir Balai Janggo menggelar kegiatan sosialisasi bertajuk "Cafe Demokrasi" bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses demokrasi dan  tahapan Pilkada, Pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024 nanti, 

Kegiatan ini melibatkan, Tokoh Masyarakat,  Ormas Pemuda-pemudi dan Pemilih Pemula , berlangsung di Bufet Mama, Nagari Sungai Sungkai, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, pada Minggu sore (20/10/2024) 

Dalam sosialisasi ini, para peserta diberi pemahaman terkait proses tahapan-tahapan Pemilu dan aturan Pilkada. sebagai Pemilih kita harus terdaftar dulu di DPT atau DPTb bagi yang pindah memilih, selain itu, Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga menjadi salah satu topik utama. Peserta diberi simulasi bagaimana proses pencoblosan yang benar agar suara yang diberikan sah dan tidak sia-sia. Mulai dari pengecekan daftar pemilih di TPS, pengambilan surat suara, hingga proses pencoblosan yang harus dilakukan dengan hati-hati.

Ketua PPK SBJ, Sandi Kurniawan sebagai panitia sosialisasi, juga menekankan kepada peserta, perlunya saat ini kita mewaspadai informasi hoaks yang beredar menjelang Pilkada dan selalu mengecek keabsahan berita atau informasi yang terima, baik melalui media sosial maupun dari pihak-pihak yang tidak resmi. "Saat ini, penyebaran berita palsu atau hoaks semakin masif, apalagi di momen krusial seperti Pilkada. Pastikan sumber informasi yang kalian terima berasal dari lembaga yang kredibel, Ujar," Sandi.

Salah seorang peserta sosialisasi, Rina berkomentar menyampaikan antusiasmenya setelah mengikuti acara ini. “Dengan adanya Cafe Demokrasi ini, saya jadi lebih paham tentang bagaimana cara menggunakan hak pilih saya dengan benar. Saya juga jadi lebih tahu bagaimana membedakan informasi yang valid dan yang menyesatkan.”

Melalui kegiatan Cafe Demokrasi ini, PPK Sangir Balai Janggo berharap para pemilih, terutama generasi muda, dapat menggunakan hak pilih mereka secara bijak dan bertanggung jawab, serta turut berperan aktif dalam mewujudkan Pilkada yang jujur, adil, dan bebas dari penyebaran hoaks.

Acara "Cafe Demokrasi"  dihadiri oleh Forkopincam Sangir Balai Janggo, Ketua PPK SBJ, Sandi Kurniawan dan anngota.  Ketua Panwascam dan anggota, PPS se-Sangir Balai Janggo, Tokoh Masyarakat dan Undangan lainnya. (Desri Wahida)

0 Komentar