Wako Erman Safar Resmikan Pembangunan Puskesmas Birugo

 



 Bukittinggi ( Indomen ) - Walikota  Bukittinggi, Erman Safar, Senin (15/7/2024) meletakan batu pertama pembangunan gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Birugo. Pembangunan baru gedung tersebut tetap pada lokasi lama.

Wako Erman Safar Menjelaskan bahwa, pembangunan bidang kesehatan merupakan perwujudan sehat, adalah hak asasi rakyat sebagai investasi bagi pembangunan nasional. Karena itu, Pemko Bukittinggi terus berupaya semaksimal mungkin, melakukan pendekatan dengan berbagai pihak agar  mendapatkan dukungan dana dan daya pembangunan, terutama di bidang kesehatan.

Melalui APBD Kota Bukittinggi, tahun anggaran 2024 ini, Pemko Bukittinggi dapat alokasi dana Rp22 milyar lebih, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Kesehatan. Upaya ini tidak lepas dari dukungan penuh dari Anggota DPR RI, Andre Rosiade dan Ade Rizki Pratama.

Atas dukungan itu, Bukittinggi memperoleh DAK tahun 2024 sebanyak Rp22 milyar itu, yang diusulkan pada 2023. Dana tersebut, digunakan untuk membangun Puskesmas Birugo, yang lahannya telah dibeli pada tahun 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi, Linda Faroza, menjelaskan, Pemerintah Kota Bukittinggi melalui dana DAK Bidang Kesehatan Tahun 2024 ini membangun gedung Puskesmas Birugo, sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di Puskesmas Birugo ini. Puskesmas ini, didirikan diatas lahan dengan luas sekitar 876 meter persegi, dengan alokasi dana Rp5,4 milyar, dengan jadwal pembangunan sampai dengan Desember 2024.

Atas dibangunnya Puskesmas Birugo ini, Bukittinggi akan memiliki 8 puskesmas. Puskesmas di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh yang ada pada saat ini adalah satu Puskesmas, yakni Puskesmas Tigo Baleh, membawahi 8 kelurahan, yaitu; Kelurahan Belakang Balok, Sapiran, Birugo, Aur Kuning, Pakan Labuah, Kubu Tanjung, Ladang Cakiah, dan Parit Antang, akan bertambah satu puskesmas lagi, yaitu Puskesmas Birugo.

Sementara Kecamatan Guguk Panjang memiliki dua Puskesmas yakni Puskesmas Guguk Panjang dan Puskesmas Rasimah Ahmad. Puskesmas ini membawahi 7 Kelurahan. Kecamatan Mandiangin Koto Selayan memiliki 4 Puskesmas yakni Puskesmas Mandiangin, Puskesmas Gulai Bancah, Puskesmas Nilam Sari dan Puskesmas Plus Mandiangin, membawahi 9 Kelurahan( Syaf)

0 Komentar