Sekda Kab. Solok Hadiri Pengukuhan Dan Pembekalan Bunda Literasi Kecamatan Dan Nagari

 



Kabupaten Solok,(Indomen) - Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda yang diwakili oleh Sekretaris Daerah  Medison S.Sos. M.Si membuka secara resmi Pengukuhan dan Pembekalan bunda literasi kecamatan dan nagari di kabupaten Solok, di ruang rapat gedung perpustakaan daerah Kabupaten Solok.Senin (22/07)

Dalam kesempatan itu juga turut hadir  Bunda Literasi Kab. Solok,  Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda Kepala Dispersip :Drs. Zulmarnus, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Solok, Bunda Literasi Kecamatan se-Kabupaten Solok, Walinagari se-Kabupaten Solok, Bunda Literasi Nagari se-Kabupaten Solok, Duta Baca Kabupaten Solok, Ikatan Pustakawan Indonesia dan Pegiat Literasi Kabupaten Solok.

Kepala Dispersip menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu undangan melalui kegiatan ini Kami harapkan dukungan dari kita bersama sehingga dapat mewujudkan semangat dan kesadaran literasi di Kabupaten Solok, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat dan membudayakan secara resmi serta memberikan mandat dan dukungan kepada bunda literasi di Kabupaten Solok guna membangkitkan semangat literasi dan selamat kepada bunda literasi yang dikukuhkan semoga bisa menjalankan tugasnya.

Kami harapkan melalui gerakan kita pada hari ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk memberdayakan perpustakaan ucapnya.

Bunda literasi Kabupaten Solok selamat atas pengukuhan bunda literasi Kecamatan dan Nagari Kabupaten Solok, saya yakin para bunda literasi mampu mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya.

Sebagai bunda literasi kita memiliki peran penting dalam mendorong dan memotivasi masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi saya berharap bunda literasi dapat bekerjasama dengan seluruh pihak baik pemerintah, perpustakaan, sekolah maupun masyarakat, literasi merupakan salah satu kunci utama dalam pembangunan bangsa yang maju dan berbudaya, bangsa yang literatur adalah bangsa yang mampu membaca, memahami, menganalisa dan menggunakan informasi untuk meningkatkan kualitas hidupnya tuturnya.

Perlu kita maknai bahwa momentum ini sangat penting dalam rangka mewujudkan visi misi kabupaten Solok menjadi yang terbaik di Sumatera Barat tidak hanya dari aspek fisik dan ekonomi tapi juga dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berkualitas melalui semangat literasi, pada saat ini tingkat Literasi kita di antara negara-negara ASEAN berada di nomor tiga dengan persentase tingkat literasi sebesar 96% berada dibawah Brunei dengan angka 98% dan Thailand dengan angka 97%, untuk itu saat ini masih terdapat 4% dari masyarakat kita di Indonesia yang belum melek literasi dalam hal ini tentu perlu dukungan dan kerjasama kita bagaimana memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya literasi karena jika hal ini terus kita biarkan maka perlahan akan menyebabkan keterbelakangan bagi kita di Indonesia khususnya Kabupaten Solok ucap Sekretaris Daerah.

Saat ini kita ketahui dalam tiga tahun terakhir belum pernah dilaksanakan pengukuhan bunda literasi di wilayah Provinsi Sumatera Barat untuk itu Kabupaten Solok merupakan daerah pertama yang melaksanakan di Sumatera Barat tambahnya.

Tingkat literasi diartikan sebagai proporsi dari populasi dewasa berusia 15 tahun ke atas yang melek literasi dan disajikan dalam bentuk persentase, seseorang dikatakan melek literasi jika dapat membaca dan menulis pernyataan singkat sederhana mengenai kehidupan sehari-hari dengan pemahaman.(Vns)

0 Komentar