Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar : Mari kita Wujudkan Kota Padang Capai Target 100 Persen PIN Polio

  



Padang ( Indomen ) - Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2024 di daerah itu yang akan menyasar anak usia 0-7 tahun.

"Kita mengajak warga Kota Padang yang mempunyai anak usia 0-7 tahun dapat membawa anaknya melakukan imunisasi polio ke Posyandu, Puskesmas atau Pos PIN Polio terdekat sesuai waktu yang ditentukan," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan itu saat mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kota Padang tahun 2024 di Kecamatan Lubuk Begalung.

Menurutnya polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus polio. Penyakit ini harus dicegah pada anak usia 0-7 tahun, karena menyerang sistem saraf dan bisa menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas bahkan kematian.

Andree menambahkan, pada PIN Polio di Kota Padang pihaknya optimis mencapai target 100 persen dari jumlah sasaran.

"Kita berharap semua pihak, unsur pemerintah dan stakeholder terkait mendukung penuh kesuksesan PIN Polio ini. Sehingga Kota Padang mencapai target sesuai yang diharapkan. Hal ini juga upaya kita dalam mewujudkan generasi Indonesia Emas 2045," katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Padang Depitra Wiguna menyebutkan pelaksanaan PIN Polio di Kota Padang merupakan tindak lanjut dari kejadian luar biasa (KLB) yang terjadi di 7 provinsi di Indonesia.

"PIN Polio dilakukan berupa pemberian vaksin polio sebanyak dua tetes bagi anak usia 0-7 tahun. Pelaksanaannya berlangsung secara dua tahap, untuk tahap pertama pada 23-29 Juli 2024 dan tahap kedua 6-12 Agustus 2024," sebutnya.

Depitra menambahkan, vaksin polio diberikan secara gratis di setiap Pos PIN Polio seperti Posyandu, Rumah Sakit, Puskesmas hingga di PAUD, TK dan SD se-Kota Padang."Sasaran riil vaksin polio di Kota Padang berjumlah 96.407 anak," katanya.( ril)

0 Komentar