KKN Unand Di Nagari Ampek Koto Palembayan Hadirkan Kegiatan Terintegrasi

 

Lokakarya proker mahasiswa KKN di kantor Wali Nagari Ampek Koto Palembayan


 Agam,( Indomen ) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas (Unand) di Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, melakukan lokakarya terintegrasi di kantor wali nagari Ampek Koto Palembayan.

Kehadiran mahasiswa KKN Unand di Palembayan, direspon luar biasa oleh camat danmasyarakat setempat. Prosesi kehadiran 27 mahasiswa dari 13 fakultas di Unand tersebut,diserahterimakan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. P.K. Dewi Hayati kepada Camat dankemudian diserahkan kepada Walinagari Ampek Koto, Palembayan, di Aula Kantor Camat Palembayan.

Camat Palembayan Sabirun berharap agar KKN Unand tahun ini lebih baik lagi dari kegiatan.Diharapkan bisa membawa inovasi baru dan berkontribusi untuk nagari. Palembayan sesungguhnya kaya dengan potensi kekayaan alam, seperti kemiri, pisang serta aren sebagai komoditas utama potensial.


                     Penyerahan mahasiswa KKN dari DPL kepada Camat Palembayan dilanjutkan
penyerahan mahasiswa kepada Wali Nagari Ampek Koto Palembayan.


“Adik-adik mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan di Ampek Koto Palembayan ini dan menghormati kearifan lokal yang ada. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung” katanya.

Kegiatan KKN selama 40 hari, dari 9 Juli hingga 19 Agustus 2024. Kegiatan tersebut mencakup lima bidang, yaitu pertanian, kesehatan, teknik, ekonomi-sosial dan hukum. Kegiatan-kegiatan

yang akan dilakukan merupakan hasil survei pra-KKN yang telah dilaksanakan 21 Juni 2024, didasari juga masukan dari pihak nagari, jorong serta staf ahli nagari Ampek Koto Palembayan, Hayyu.

“Program kerja ditujukan untuk semua masyarakat, sehingga kami mahasiswa berharap adanya dukungan ataupun bantuan dari masyarakat selama proses kuliah kerja di Nagari Ampek Koto Palembayan” ucap Dandri Hendika, Ketua Mahasiswa KKN Unand.

Dr. P.K. Dewi Hayati, DPL KKN Nagari Ampek Koto Palembayan menyampaikan, KKN di Nagari Ampek Koto Palembayan tahun ini terintegrasi dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unand.Inovasi teknologi yang akan dilakukan disesuaikan dengan potensi pertanian utama yang ada di nagari.

Dr. Dewi mencontohkan, salah satu komoditas yaitu tanaman aren, maka kegiatan yang akan dilakukan adalah inovasi olahan aren hingga pendampingan pemasarannya. Diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan perekonomian masyarakat. Kegiatan lainya juga diintegrasikan dengan kegiatan yang akan/sedang berjalan di nagari, terutama berkaitan dengan penanggulangan stunting.

Wali Nagari Ampek Koto Palembayan, Ronni Akmal, SE berharap, semua program kerja tersebut dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat membantu masyarakat dalam berbagai bidang. Wali nagari mengapresiasi berbagai kegiatan yang disinergikan dengan kegiatan yang menjadi program di nagari seperti penanggulangan stunting.

Ronni Akmal juga mengingatkan kawan-kawannya agar pandai bermasyarakat sebab hubungan yang baik dengan masyarakat merupakan salah satu faktor penting untuk keberhasilan mahasiswa berkegiatan di lapangan.

“Kolaborasi dengan mahasiswa KKN dari Universitas lain di nagari juga perlu dilakukan agar tujuan KKN bisa tercapai dengan baik disamping membantu masyarakat di nagari” katanya lagi.(Ril)

0 Komentar