Kepsek SMAN I Lubuk Basung Drs.M. M Mustafa KamilBuka MPLS Tahun Ajaran 2024/2025

 

 Drs. Mustafa Kamil kepala SMAN 1 lubukbasung memasangkan atribut dan tudung lokoh secara simbolis kepada dua orang siswa baru peserta MPLS SMAN 1 lubukbasung Senin (15/7/2024) 


Lubukbasung,(indomen)---Kepala SMAN 1 lubukbasung, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat Drs Muhamad Mustafa Kamil membuka acara Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS ) SMAN 1 lubukbasung tahun ajaran 2024/2025.

Upara pembukaan MPLS tersebut di laksanakan di lapangan upara SMAN 1 lubuk Basung dipasar usang, Senin (15/7/2024). Diikuti seluruh peserta didik baru (siswa kelas X), siswa kelas XI dan siswa kelas XII, serta seluruh majelis guru dan pegawai SMAN 1 lubukbasung.

Dalam sambutannya Mustafa Kamil kepsek SMAN 1 lubukbasung mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan keluarga besar SMAN 1 lubukbasung, kepada anak-anak kami peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025. 

Mustafa Kamal mengharapkan kepada seluruh siswa baru /peserta MPLS agar mengikuti seluruh program atau kegiatan sesuai jadwal yang sudah diprogram sekolah, ucapnya.


"SUDAH PUNYA MARS SMAN 1 SEBDIRI."






Pada acara pembukaan MPLS SMAN 1 tersebut disampaikan Mustafa Kamil bahwa sekarang SMAN 1 lubukbasung  sudah mempunyai Mars sendiri. Mars SMAN 1 untuk pertama kali di kumandangkan dalam upacara 
 pembukaan MPLS hari ini, ucapnya.
Selain itu ia atas nama pihak sekolah juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pembina OSIS yang telah menciptakan mars SMAN 1 lubukbasung. Dan ia berharap agar seluruh siswa SMAN 1 lubukbasung dapat dan bisa menyanyikan lagu mars sekolah kita itu, ajaknya
Upacara pembukaan tanda dimulainya MPLS di sekolah SMA tertua di lubukbasung tersebut pembinaan upacara yang juga kepala sekolah Drs Muhamad Mustafa Kamil secara simbolis memasangkan atribut dan tudung lokoh (topi dari bambu yang biasa digunakan para petani disawah/dikebun red..).

Saat bincang bincang dengan Kamarlis (50 tahun) salah seorang orangtua yang anaknya sebagai peserta MPLS. Kamarlis merasa bangga karena anaknya diterima melanjutkan pendidikan di sekolah SMAN 1 lubukbasung ini. Karena sekolah SMAN 1 disiplin dan memilki fasilitas sarana dan prasarananya lengkap. Selain itu disebutkan Kamarlis bahwa sudah banyak anak tamatan SMAN 1 lubukbasung diterima diperguruan tinggi dan juga banyak yang terima menjadi angkatan dan kepolisian, dan sukses dalam berbagai usaha. Contohnya keponakan saya tamatan sekolah ini, sekarang bertugas di Polda Sumbar, ucapnya.

Ketika ditemui Mustafa Kamil usai pembukaan, saat bincang dengan wartawan indomen .co.id mengatakan bahwa pelaksanaan MPLS ini sesuai dengan Permendikbud RI Tahun 2016.
Bahwa MPLS merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasaran sekolah, cara belajar yang benar, penanam konsep pengenalan diri dan pembinaan awal kultur sekolah.

Juga disebutkan nya ada 5 tujuan dari pelaksanaan MPLS yakni:
1.mengenal potensi diri siswa baru.
2.membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Misalnya terhadap aspek keamanan, fasilitas umum dan sarana prasarana sekolah.
3.menumbukan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sevagaisiswa baru. 4.mengembabgkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya  dan yang ke 5.dengab dilaksanakan MPLS ini akan menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, saling menghormati keaneka ragaman, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang mempunyai nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong, tuturnya mengakhiri.(Syaf).

0 Komentar