Gedung BUMNag Bersama VII Koto Saiyo Diresmikan, Bupati Suhatri Bur Apresiasi Kekompakan Masyarakat VII Koto




Padang pariaman ( Indomen ) - Gedung Badan Usaha Milik Nagari Bersama (Bumnagma) VII Koto Saiyo, hari ini resmi di launching pengoperasionalannya. 

Peresmian gedung dengan nilai bangunan lebih dari rp400 juta ini ditandai dengan penandatangan prasasti merek Bumnagma oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Senin kemarin 15/07/24.

Mengawali sambutannya Suhatri Bur menyampaikan apresiasi dan memuji kekompakan para Wali Nagari dan masyarakat VII Koto yang memiliki ide brilian untuk membangun sebuah gedung Bumnag Bersama dan menggabungkan Bumnag Bumnag sekecamatan VII Koto dalam satu nama "Bumnagma VII Koto Saiyo".

"Sesuai dengan namanya, Bumnagma VII Koto Saiyo, Saya sangat mengapresiasi dan memuji kekompakan masyarakat VII Koto," Sebutnya mengapresiasi.

Menurutnya dengan adanya Bumerang di Nagari, Dirinya merasa yakin akan dapat menciptakan kemajuan dan kelancaran usaha kecil menengah di daerah setempat dan Padang Pariaman secara umum, serta dapat meningkatkan dan memacu ekonomi produktif di tiap nagari di Padang Pariaman. 

Bupati yang akrab disapa Aciak ini juga menyebutkan pembanguan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. 

"Tentu harapannya pertumbuhan Bumnag ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri" sebut Aciak 

Tak hanya itu kata Suhatri Bur, pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif nagari yang dilakukan secara koorperatif, partisipatif, Transparansi, Akuntabel dan Sustainable.

"Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan badan usaha milik nagri ini dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional." sebutnya 

Terakhir Dia berharap dengan diresmikannya Bumnagma  VII Koto Saiyo ini diharapkan agar dapat mengembangkan dan menggerakkan perekonomian di Kecamatan VII koto dan sekitarnya, serta terus melakukan inovasi usaha dan bisnis. 

Sementara itu direktur Bumnagma VII Koto Saiyo Yulia, mengatakan Berdasarkan badan hukum Nomor 28 tanggal 23 Oktober 2023, UPK PNPM MP resmi dirubah menjadi Bumnagma VII Koto Saiyo.

Katanya Bumnagma VII Koto Saiyo terus mengalami perkembangan dengan nilai modal 2,3 milyar terus naik menjadi 3,5 milyar pada tahun buku akhir 2023, dengan jumlah kelompok SPP sebanyak lebih dari 106 kelompok dengan anggota lebih 1000 orang.

Tampak hadir mendampingi bupati, kepala DPMD Hendri Satria, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Anwar, Camat VII Koto Yusri Rizal, Wali Nagari se Kecamatan VII Koto, para tokoh masyarakat dan undangan.( Syaf)  

0 Komentar