Dinas pertanian Tanaman Pangan Padang Pariaman Gelar Bimtek Pengoperasian dan Perawatan Alsintan Bagi operator Kelompok Tani


 PADANG PARIAMAN, (indomen)--- Dinas Pertanian Tanaman Pangan kabupaten Padang Pariaman laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengoperasian dan perawatan alsintan bagi operator operator Kelompok Tani di kabupaten Padang Pariaman provinsi Sumatera Barat.

Bimtek   pengoperasian dan perawatan Alsintan bagi para operator operator  tersebut dibuka oleh Irawati Febriani, SP , M.Si sekretaris Dinas Pertanian Tanaman pangan kabupaten Padang Pariaman Rabu (17/7/2024).

Dalam sambutannya Irawati menyampaikan permintaan maaf dari kepala Dinas pertanian tanaman pangan tidak bisa hadir karena ada tugas lain dan tidak bisa diwakili.  Kemudian menyampaikan bahwa jumlah peserta bimtek hari ini sebanyak 20 orang operator dari 20 kelompok tani, namun yang hadir sekarang hanya 18 kelompok.

Peserta petani/operator berasal dari kelompok tani yang telah menerima bantuan alsintan Tahun Anggaran 2023.
Selamat mengikuti Bimtek dan mudah-mudahan ilmu atau pengetahuan yang diperoleh bermanfaat, jadi dengan adanya bimtek ini para operator akan lebih memahami bagaimana mengoperasian dan perawatan Alsintan milik kelompok/petani bapak bapak. ucapnya .





Bimtek tersebut kerjasama dengan UPTD Balai Mekanisme dan Sarana Prasarana Pertanian Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura provinsi Sumatera Barat.

Instruktur dalam Bimtek tersebut ada 3 orang dari Balai UPTD mekanisme dan sarana prasarana Bukittinggi. Sebagai ketua tim Sisiliafebriani,S.Tp yang  panggilan akrabnya "Cici" yang sehari hari di Balai bertugas sebagai pengawas Alsintan, dan didampingi 2 orang instruktur yakni Elpasdi,S.Tp dan Elnofendrq,S.Sos bidang teknisi peralatan dan mesin.

Kegiatan bimtek dilakukan di dua lokasi. Yakni secara tiori dilakukan diruangan Aula pertemuan Dinas pertanian tanaman pangan kabupaten Padang Pariaman, dan praktek cara pengoperasian dan perawatan berkala motor Diesel dan motor bensin.

Disela praktek pengoperasian Abuzanir peserta Bimtek dari Kelompok Tani pematang Jaya, Korong Kampung pinang, nagari III Koto Aurmalintang (Batu Basa), saat bincang bincang dengan wartawan indomen mengatakan " bahwa dengan diadakan bimtek tersebut ia merasa pengetahuannya tentang pengoperasian dan perawatan mesin Handtraktor dan mesin Cultivator semakin bertambah, dan abuzanir sangat berterima kasih kepada dinas pertanian dan juga pada bapak dan ibuk instruktur, ucapnya.  Selain itu kelompok Tani Pematang jaya berharap juga di beri bantuan mesin Cultivator, katanya dengan nada dan mimik penuh harap.

Jelang penutupan cici dari balai UPTD Bukittinggi mengatakan"jika ada kerusakan mesin alsintan di kelompok atau milik pribadi petani, dan bapak tidak bisa memperbaiki, maka bapak dapat menghubungi Balai UPTD Bukittinggi. Nanti tenaga teknis/petugas service kami akan datang  membantu memperbaiki secara gratis. Tapi
Jika ada onderdil atau perpack yang rusak harus di ganti , maka onderdil atau bahan yang rusak tidak ada di Balai. Jadi ini tanggung kelompok atau petani pemilik mesin , ucap cici

Acara Bimtek ditutup oleh Dian permata Kabid sarana prasarana dan Penyuluh Dinas pertanian tanaman pangan mewakili kepala dinas pertanian Tanaman pangan kabupaten Padang Pariaman jam 13.20 WIB. (Syaf).

0 Komentar