Gubernur Mahyeldi Buka Gelaran MTQ di Sijunjung dan Berharap akan Terlahir Banyak "Dasrizal" Baru*

 



SIJUNJUNG ( indomen ) -- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, membuka secara resmi gelaran MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten di Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Senin (24/06/2024). Gubernur berharap, ajang tersebut akan melahirkan qori dan qoriah yang akan mengharumkan nama Sumbar pada ajang serupa di tingkat nasional hingga internasional.

"Acara pembukaan kali ini juga dihadiri oleh Saudara Dasrizal, qori asal Sijunjung yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai MTQ Internasional di Malaysia dan Kuwait. Kita berharap MTQ Nasional tingkat Kabupaten Sijunjung ini dapat melahirkan banyak Dasrizal-Dasrizal baru," ujar Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur menekankan, pendidikan serta perlombaan baca-tulis Al Qur'an harus digairahkan mulai dari tingkat jorong, dusun, dan kelurahan di Sumbar. Bagaimana pun, pemerintah bersama segenap pemangku kepentingan dalam masyarakat harus berupaya sekuat tenaga mendekatkan generasi muda kepada Al Qur'an.

"Bung Hatta pernah berpesan, seterang apa pun obor Monas di Jakarta, itu tidak akan sanggup menerangi seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kita perlu menerangi setiap jorong, desa, dusun, dan kelurahan dengan lilin-lilin kecil, sehingga seluruh Nusantara ini akan menjadi terang benderang. Menggairahkan pendidikan Al Qur'an adalah bagian dari upaya kita di Sumbar untuk menerangi Nusantara itu," ujar Gubernur lagi. 

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menyebutkan, tantangan dalam pembinaan generasi muda saat ini semakin kompleks. Oleh karena itu, ia berharap pelaksanaan MTQ di Kabupaten Sijunjung juga menjadi momentum untuk lebih mendekatkan generasi muda kepada Al Qur'an.

"Mari kita terus ramaikan masjid dan musala kita melalui berbagai kegiatan, termasuk pendalaman pendidikan Al Qur'an, sehingga dari sana akan lahir calon qori/qoriah terbaik. Mereka juga akan menjadi generasi yang siap ilmu dan siap iman," ujarnya.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua LPTQ Kabupaten Sijunjung yang juga Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatilah menerangkan, pelaksanaan MTQ Nasional ke-41 di Kabupaten Sijunjung diikuti 8 kafilah dari 8 kecamatan yang ada di Sijunjung. Di mana, terdapat 9 cabang yang terdiri dari 21 golongan yang diperlombakan, dan diikuti oleh 352 orang qori dan qoriah.

"Kita tentu bertekad, pelaksanaan MTQ Sijunjung akan melahirkan sosok qori dan qoriah terbaik, yang nantinya akan mewakili Sumbar pada ajang MTQ tingkat nasional," ucap Iraddatilah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kabid Penaiszawa Kemenag Sumbar, Yufrizal; Pimpinan dan Anggota DPRD Sijunjung, Forkopimda Sijunjung, Kakan Kemenag Sijunjung;
Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar, Al Amin; Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, Edi Dharma Syafni; serta unsur pimpinan dari MUI, Baznas, LKAAM, BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, Camat se-Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari, dan Tokoh Masyarakat lainnya. (Aidil/adpsb)

0 Komentar